Jakarta – Jika mendengar kata Madrid, Spanyol, pasti dibenak sebagaian orang langsung terlintas dengan klub bersejarah di dunia, yakni Real Madrid. Ya, kota ini memang menjadi markas klub berjuluk Los Blancos. Tak hanya sepak bola, kota ini juga ternyata menyuguhkan pengalaman unik sebagai destinasi liburan yang mengesankan.

Berikut, 7 alasan kenapa Madrid wajib masuk daftar liburan di tahun 2024:

1. Santiago Bernabeu

Stadion ikonik yang menjadi saksi dari berbagai pertandingan epik dan prestasi gemilang yang membanggakan para penggemar sepak bola sejati. 

Stadion ini tidak hanya menjadi markas besar Real Madrid, melainkan stadion yang menyuguhkan keindahan dan sejarah olahraga yang luar biasa. 

Berkunjung ke Santiago Bernabéu akan memberikan kesempatan untuk merasakan atmosfer khas pertandingan Real Madrid, menjelajahi ruang ganti, dan menelusuri jejak sejarah klub melalui museum yang mengagumkan.

Baca juga: Kota Ini Geser Bali jadi Destinasi Wisata Favorit Pelancong Australia

2. Jalan Seni, atau Paseo del Arte

Tak hanya menjadi destinasi bagi pencinta bola, Madrid juga dikenal dengan kota yang kaya akan museum dan keseniannya lewat tiga museum kelas dunia yang memiliki Art Promenade-nya dan keindahan istimewa Royal Palace (tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Spanyol) yang menjadikan Madrid sebagai salah satu pusat budaya terbesar di Eropa. 

Pada Juli 2021, Lanskap Cahaya, yang mencakup Paseo del Prado dan Taman El Retiro, diumumkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Jalan Seni, atau Paseo del Arte dalam bahasa Spanyol, menampilkan keunikan yang menakjubkan dan menjadi tempat bagi beberapa karya seni terbaik di dunia. 

3. Pertunjukkan Flamenco

Berkunjung ke Kota Madrid tidak hanya memberikan pengalaman seni melalui karya seni dan museumnya yang khas, tetapi juga menawarkan pertunjukkan Flamenco yang penuh gairah dan intens. 

Adapun, seni pertunjukkan ini menawarkan genre ekspresivitas yang memukau para penonton, tanpa menghiraukan dari mana mereka berasal ataupun apakah mereka memahami bahasa tersebut.

4. Heritage Triangle

Berpindah dari pusat kota Madrid, akan mengarahkan Anda ke rumah heritage triangle warisan UNESCO, yang melibatkan Alcalá de Henares, San Lorenzo de El Escorial, dan Aranjuez, yang dapat dicapai dalam waktu kurang dari satu jam berkendara dari pusat kota .

Di sana, Anda dapat menikmati keindahan pedesaan di Patones, mengeksplorasi pesona Chinchón, atau menjelajahi kebun anggur yang memukau di San Martín de Valdeiglesias.

San Martín de Valdeiglesias adalah area paling barat di wilayah Madrid dan merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta anggur, di mana terdapat 18 kilang anggur yang terdaftar di Denomination of Origin “Vinos de Madrid” (Anggur dari Madrid).

5. Rumah Merek Mode Dunia

Madrid juga menjadi tempat bagi beberapa merek mode paling mewah dan fast fashion di dunia, mulai dari Loewe, Balenciaga, dan Manolo Blahnik hingga Zara dan Mango. 

Keberadaan brand-brand ini tidak hanya menciptakan identitas mode yang sangat terkenal, tetapi juga merangkul sejarah mode yang menjadikan Madrid salah satu ibu kota fashion internasional yang paling berpengaruh. 

Bahkan bagi mereka yang lebih memilih untuk menghindari gaya mewah, masih mungkin menemukan pilihan pakaian yang diproduksi secara lokal di toko-toko di Madrid dengan kualitas yang luar biasa dan harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan merek internasional.

6. Rumah Situs Warisan UNESCO

Wilayah Madrid juga merupakan rumah bagi situs warisan dunia UNESCO El Escorial Monastery (dianggap pada saat itu merupakan salah satu dari delapan keajaiban dunia dan wajib dikunjungi untuk memahami sejarah Spanyol).

Selain itu, ada juga kota tua Alcalá de Henare (kota Universitas dan tempat kelahiran Miguel de Cervantes, jenius sastra dunia dan penulis Don Quixote), Aranjuez (salah satu kediaman resmi keluarga kerajaan Spanyol) dan Hayedo de Montejo – yang semuanya patut dikunjungi.

Baca juga: Gandeng MMS Land, J Trust Bank Dukung Pengembangan Pariwisata Nasional

7. Penduduk Lokal yang Ramah

Terakhir, Madrid memiliki kualitas yang sulit dijelaskan – kemampuan kota ini mampu menarik dan menyambut Anda dengan cara yang membuat Anda merasa seolah-olah berada di rumah. 

Madrileños, penduduk asli Madrid, terkenal karena kehangatan, keramahan, dan antusiasme mereka dalam mempelajari dan mengenal lebih lanjut tentang pengunjung mereka. 

Madrid menjadi rumah bagi komunitas ekspatriat terbesar di Spanyol, menciptakan perpaduan latar belakang dan lingkungan yang sangat toleran, merangkul semua budaya dan etnis. Hanya di Madrid, Anda dapat merasakan sensasi menjadi bagian dari komunitas lokal meskipun sebagai pengunjung. (*)

Editor: Galih Pratama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *