Jakarta – Bos olahan susu lokal dengan merek Cimory, Bambang Sutantio (65) masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, urutan ke-17 versi Forbes Reel Time Billionares, dirilis Kamis, 10 Januari 2024.

Tercatat, kekayaan Bambang saat ini sebesar 1,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 26,2 triliun dari bisnisnya. Apabila dibandingkan pada tahun lalu, dirinya hanya mampu bertengger di posisi ke-29, dengan total kekayaan mencapai 1,65 miliar dolar AS.

Baca juga: Terbaru! Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Ada Siapa Saja?

Secara global, Bambang menempati posisi ke-17. Adapun di Indonesia, posisi kekayaan bersih Bambang diapit oleh dua konglomerat Hermanto Tanoko dan juga Soegiarto Adikoesoemo.

Profil Bambang Sutantio

Pundi-pundi kekayaan Bambang berasal dari perusahaan yang didirikannya bernama Cisarua Mountain Dairy atau lebih dikenal dengan Cimory, produsen dan distributor produk susu dan makanan olahan di Jakarta.

Diketahui, Cimory terkenal dengan rangkaian produk susu seperti susu dan yogurt serta daging olahan.

Ia pun sukese membawa Cimory ke publik pada Desember 2021, mengumpulkan lebih dari $200 juta. Perusahaan melaporkan penjualan USD404 juta pada tahun 2022, naik 55 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Ini Dia 3 Sosok Wanita Terkaya RI 2023, Nomor 1 Capai Rp69,1 Triliun

Pada Januari 2023, perusahaan ekuitas swasta General Atlantic membeli 5,64 persen saham di perusahaan susu tersebut seharga USD130 juta.

Menariknya, sebelum sukses dengan Cimory, dirinya  pertama kali mendirikan pengolah daging Macroprima Panganutama pada tahun 1993. 

Ia memulai bisnis susu pada tahun 2004 untuk mendukung peternak sapi perah di Jawa Timur. (*)

Editor: Galih Pratama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *