Jakarta – PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) terus mempertegas komitmennya dalam menjalankan bisnis berkelanjutan di 2024. Hal ini dilakukan sebagai upaya berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

Bisnis berkelanjutan tersebut, mulai dari pembiayaan kendaraan listrik hingga berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mendukung kelestarian lingkungan dan menanggulangi perubahan iklim. 

“BRI Finance terus memberikan kontribusi nyata. Kami percaya bahwa kebijakan dan tindakan berkelanjutan adalah fondasi bagi pertumbuhan ekonomi yang seimbang dan berkelanjutan di masa depan”, Kata Direktur Manajemen Risiko BRI Finance, Ari Prayuwana, dikutip Senin, 8 Januari 2024.

Menurutnya, pada Oktober 2023 saja, BRI Finance telah melakukan Aksi Tanam 2000 Pohon secara serentak yang dilaksanakan oleh Kantor Pusat BRI Finance bersama 26 Kantor Cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Kegiatan ini juga menggandeng beberapa pihak, yakni Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Cisarua, Bogor. 

Baca juga: HUT ke-40, BRI Finance Bidik Aset di Atas Rp10 Triliun pada 2024

Selain itu, di Desember 2023, BRI Finance juga berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) sebagai induk usaha dan komunitas di Desa Sukamurni, Garut, dalam mengembangkan desa sebagai destinasi wisata berkelanjutan. 

Inisiatif ini kata dia, mencakup penyediaan 70 tempat sampah pilah untuk mendukung sistem daur ulang dan kebersihan lingkungan. Desa wisata ini merupakan kandidat Desa Brilian. 

“Melalui program CSR ini membuktikan pula komitmen Perseroan untuk menjadi Perusahaan Pembiayaan terdepan dan menjadi bukti konkret bahwa BRI Finance mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan,” jelansya.

Di mana kata dia, perusahaan secara berkelanjutan memberikan bantuan kepada masyarakat sebagai wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Hal ini seiring dengan konsep program CSR dari BRI Group melalui program BRI Peduli. 

Ia mengatakan, peranan bisnis keberlanjutan dalam strategis bisnis bagi BRI Finance sangatlah penting karena indikator-indikator tersebut dapat berdampak pada produk-produk yang memang menunjang keberlanjutan seperti pembiayaan green financing dan pembiayaan kendaraan listrik. 

Keterlibatan BRI Finance dalam bisnis berkelanjutan juga diwujudkan melalui program pembiayaan khusus untuk mendorong adopsi kendaraan listrik. 

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya mobilitas berkelanjutan dan transisi ke energi bersih, BRI Finance berkomitmen untuk menjadi pionir dalam mendukung adopsi kendaraan listrik di Indonesia. 

Melalui program ini, konsumen dapat dengan mudah mengakses pembiayaan untuk kendaraan listrik dengan mudah. 

“BRI Finance mencatat adanya peningkatan permintaan debitur terhadap pembiayaan kendaraan listrik pada 2023 sebesar lebih dari 700%. Ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap solusi kendaraan ramah lingkungan yang semakin dicari oleh masyarakat,” tambah Ari. 

Ke depan, BRI Finance juga akan memperkuat kemitraan dengan dealer dan showroom kendaraan listrik. Langkah tersebut tidak hanya mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan, tetapi juga turut serta mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Dorong Adopsi Kendaraan Listrik

Selain itu, BRI Finance juga aktif di media sosial untuk mendukung pemerintah dalam percepatan penggunaan kendaraan listrik. Hal tersebut merupakan upaya BRI Finance dalam mendukung isu-isu keberlanjutan dan mendorong adopsi kendaraan listrik di Indonesia. 

Di sisi lain, BRI Finance selama ini telah aktif dalam membantu pemerintah untuk mendorong percepatan implementasi kendaraan listrik sebagai perwujudan program net zero emission melalui literasi dan inklusi keuangan. 

Baca juga: Kedepankan Prinsip ESG, BRI Finance Siap Perluas Pembiayaan Berkelanjutan

Komitmen tersebut dijalankan agar mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkontribusi menjaga lingkungan. 

Lanjutnya, sebagai bagian integral dari BRI Group, BRI Finance berkomitmen untuk terus tetap tidak hanya bersinergi dengan BRI Group saja namun dengan Himpunan Bank Milik negara (Himbara) dalam melakukan berbagai inisiatif yang berdampak pada keberlanjutan lingkungan. 

“BRI Finance juga akan memperluas pangsa pasar dan memperkuat sinergitas dengan BRI Groupserta fokus pada segmen high yield di 2024,” bebernya.

Tahun ini, tambahnya, akan menjadi momentum yang tepat bagi BRI Finance untuk terus bergerak maju dengan visi berkelanjutan. Tidak hanya sebagai pilar bisnis, tetapi juga sebagai kontributor positif bagi masyarakat dan lingkungan lewat branchless financing yang terintegrasi dengan Kantor Cabang Bank BRI di seluruh Indonesia. 

Hingga Januari 2024, BRI Finance telah memiliki lebih dari 150 branchless financing yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan akan diperluas seiring dengan berkembangnya bisnis. 

“Kami percaya bahwa bisnis berkelanjutan tidak hanya menciptakan nilai jangka pendek, tetapi juga memberikan dampak positif jangka panjang pada masyarakat dan lingkungan. Melalui berbagai program pembiayaan berkelanjutan dan inisiatif CSR, BRI Finance berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkontribusi menjaga lingkungan,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *