Jakarta – Memasuki tahun baru 2024, ada begitu banyak hal baru yang bisa dicapai. Termasuk salah satunya adalah kondisi keuangan yang jauh lebih stabil lagi. Dalam hal ini maka perlu membuat resolusi keuangan dan memanfaatkan layanan bank digital secara lebih optimal. 

Tanpa disadari, digitalisasi perbankan saat ini sebenarnya sudah memberikan begitu banyak kemudahan. Berbagai jenis layanan yang dihadirkan sebenarnya bisa membantu untuk mencapai resolusi keuangan di tahun yang baru ini. Mari cari tahu seperti apa strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Resolusi Keuangan Tahun 2024

Membuat resolusi keuangan di tahun yang baru sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar semua kesalahan finansial di tahun lalu bisa diperbaiki dan kondisinya membaik di tahun ini. Selain itu hal ini juga penting demi mengantisipasi jika ada musibah finansial yang muncul. 

Setiap orang pasti menginginkan kondisi finansial yang stabil dalam hidupnya. Namun hal ini akan sulit untuk dicapai jika tidak ada upaya apapun. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menyusun resolusi keuangan demi mencapai hal tersebut. Berikut beberapa resolusi keuangan 2024 yang bisa kamu capai.

1. Atur Tujuan Finansialmu

Resolusi keuangan dimulai dari tujuan finansial yang ingin dicapai. Kamu harus punya target terlebih dahulu agar bisa mengambil langkah-langkah yang tepat. Target ini bisa disesuaikan dengan keinginan atau harapanmu yang belum tercapai di tahun sebelumnya. 

Target finansial yang ingin kamu capai di tahun ini mungkin akan berbeda dengan target milik orang lain. Tidak masalah, fokus saja pada dirimu sendiri dan kondisi keuangan yang kamu miliki saat ini. Untuk tetap realistis namun juga terencana, ada bank yang bisa bantu kamu mengkalkulasikan hasil Investasi untuk raih tujuan atau target finansialmu 

2. Perbaiki Cash Flow agar Terus Positif

Selanjutnya kamu harus memperbaiki cash flow atau arus kas keuanganmu. Perlu diketahui bahwa cash flow ini merupakan faktor yang sangat penting dan berpengaruh besar dalam stabilitas keuangan. Jika cash flow selalu positif maka secara otomatis hal ini bisa memberi kebaikan bagi kondisi finansialmu. 

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Merencanakan Keuangan Sejak Dini

Lihatlah kembali seperti apa arus kas keuangan yang kamu miliki di tahun sebelumnya. Apakah arus kas sudah selalu positif dan stabil atau belum. Jika belum, maka cari tahu dimana kesalahannya. Jika arus kas sudah positif maka kamu bisa mempertahankan atau membuatnya lebih baik lagi. 

Dalam hal ini kamu harus fokus pada keseimbangan pemasukan dan pengeluaran. Catat semua pemasukanmu dan ubah anggaran pengeluaran jika perlu. Mulailah memangkas pengeluaran konsumtif yang kurang dibutuhkan demi mencapai arus kas yang stabil positif. 

3. Tambahkan Alokasi Dana Darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi nantinya. Bisa jadi kamu akan mengalami kondisi darurat finansial di tahun 2024 nanti. Cobalah untuk mengantisipasi hal tersebut dengan mempersiapkan dana darurat. Jika sebelumnya kamu sudah memiliki alokasi dana tersendiri untuk hal ini maka tingkatkan lagi. 

Jika kamu masih single dan tidak punya tanggungan apapun, kamu bisa mempersiapkan dana darurat 3-4 kali lipat pengeluaran bulanan. Namun jika kamu sudah berkeluarga, maka tinggal dikalikan saja. Idealnya, per orang harus memiliki simpanan dana darurat sebanyak 3 kali pengeluaran bulanan. 

Semakin banyak dana darurat yang bisa kamu persiapkan maka semakin baik. Artinya kamu siap menghadapi kondisi darurat finansial apapun dalam hidupmu. Kamu juga tidak akan panik jika sewaktu-waktu ada situasi darurat yang harus dihadapi. 

4. Tingkatkan Tabungan dan Investasi

Selanjutnya kamu bisa mulai meningkatkan tabungan dan investasi. Kedua hal ini merupakan aset penting yang sangat berpengaruh pada kondisi finansialmu. Jika kamu punya aset tabungan dan investasi yang cukup maka bisa dikatakan bahwa kondisi finansialmu sudah stabil. 

Dalam hal ini artinya semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi dengan baik sehingga kamu bisa fokus pada tabungan dan investasi. Cobalah untuk mengevaluasi jumlah tabungan dan aset investasi yang berhasil kamu kumpulkan tahun lalu. Pastikan kamu mencapai jumlah yang lebih tinggi lagi di tahun 2024 nanti. 

Baca juga: Simak! Ini 3 Tips Sukses Kelola Keuangan dan Kembangkan Bisnis UMKM

Demi mencapai target ini, kamu bisa mulai memanfaatkan layanan bank digital. Misalnya dengan membuka beberapa jenis rekening digital agar proses menabung jadi lebih mudah. Kamu juga bisa menggunakan layanan investasi yang tersedia agar asetmu semakin meningkat di tahun yang baru ini. 

5. Miliki Passive Income

Resolusi keuangan lain yang dapat kamu capai di tahun baru ini adalah memiliki passive income atau pemasukan pasif. Seiring berjalannya waktu, energimu untuk terus produktif menghasilkan uang mungkin akan berkurang. Tentu akan jauh lebih baik jika kamu bisa mendapatkan penghasilan secara pasif. 

Cobalah memikirkan apa saja strategi yang dapat kamu lakukan demi mencapai hal tersebut. Kamu bisa mencari tahu hal-hal apa saja yang dapat dilakukan agar pemasukan pasif bisa terus masuk. Misalnya dengan menggunakan aset investasi yang bisa memberikan keuntungan secara konsisten. 

Semakin besar passive income yang bisa kamu dapatkan maka akan semakin menguntungkan. Artinya nilai pendapatanmu akan terus meningkat. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memenuhi beragam jenis kebutuhan. Selain itu kamu juga bisa meningkatkan nilai tabungan dan investasi secara efektif. 

6. Jaga Rasio Utang agar Positif

Di tahun 2024 nanti, pastikan rasio utangmu positif. Jika kamu memiliki utang maka jagalah agar rasionya selalu positif agar tidak menjadi beban finansialmu di masa depan. Caranya adalah dengan membatasi nilai utang dan membayar cicilan tepat pada waktunya. 

Jenis utang yang dimaksud di sini sangat beragam. Bisa jadi utang dalam bentuk pinjaman pokok, pinjaman paylater, kartu kredit, dan lain sebagainya. Apapun itu jenis tagihan atau cicilan yang harus kamu tanggung, pastikan dikelola sebaik mungkin agar nilainya tidak melebihi pemasukanmu.

Baca juga: Tips Mengelola Utang Bagi Anak Muda Agar Tidak Tejerat Utang Buruk

Pada dasarnya pengelolaan finansial yang tepat sangatlah dibutuhkan agar resolusi keuanganmu di tahun 2024 nanti bisa tercapai. Dalam hal ini kamu sebenarnya bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi di zaman sekarang dan bank digital adalah salah satu contohnya. 

Melalui layanan perbankan digital, digibank by DBS bisa bantu melakukan banyak hal agar resolusi keuangan tercapai. Mulai dari layanan Goal-culator untuk memperhitungkan hasil investasi yang bisa kamu capai. Dari sini kamu bisa mendapatkan kalkulasi uang yang harus diinvestasikan.

Digibank by DBS juga menghadirkan fasilitas perbankan digital yang punya banyak keunggulan. Nasabah bisa tetap Having fun lebih maksimal karena bisa bayar sat-set pakai QRIS dan ada juga layanan Pay Later dengan cicilan ringan sampai 60 bulan dari Kartu Kredit digibank. 

Selain itu masa depan juga jadi lebih aman karena bisa menabung di 20 dompet dan deposito dengan bunga sampai 5% p.a. Bahkan investasi juga lebih mudah dilakukan mulai dari Rp100 ribu di lebih dari 120 pilihan. (*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *